English French German Japanese Korean Chinese Russian Spanish India Saudi Arabia Netherland Portugal Italian Philippines Ukraina Norwegia
Your Adsense Link 728 X 15

15 Cara Menghadapi Rasa Kantuk Saat di Kelas

Posted by Unknown Jumat, 13 April 2012 0 komentar
Sebagai mahasiswa pengangguran yang sibuk, gue sering mengalami beberapa masalah terutama dalam hal pola tidur alias kurang tidur. Dan efeknya adalah saat kuliah berlangsung, nggak jarang siluman mimpi merayu-rayu gue buat ngikutin dia ke jalan yang sesat. Tapi untungnya iman gue masih kuat, dan gue bisa terbebas dari jeratannya dengan beberapa trik yang bakalan gue share. Tips/trik yang bakal gue share ini berlaku juga buat para pelajar dari tingkat SD-SMP-SMA/Sederajat baik tingkat kabupaten maupun Nasional yang suka ngantuk di kelas. Tips ini gue dapet berdasarkan pengalaman pribadi gue. So let me to explain….


  1. Writing / Menulis / Nyatet

    Menulis disini maksudnya lo coba deh nyatet dan perhatiin dosen/guru lo yang lagi jelasin mata kuliah di depan. Usahakan lo tulis semua yang bisa lo tulis, termasuk merek papan tulisnya kalo perlu. Dengan cara ini, lo nggak perlu mempermasalahkan posisi tempat duduk lo, karena dimanapun dijamin aman.


  2. Makan

    Cara ini cukup efektif buat ngilangin ngantuk yang lo derita. Kalo lo punya kebiaasaan ngantuk di kelas, sebelum masuk lo bisa siapin beberapa macam cemilan atau permen buat bekal, untuk permen gue saranin permen karet. Saat lo merasa ngantuk dan udah nggak tertahan, lo makan deh tu bekal yang lo bawa satu persatu. Gerakan-gerakan yang dihasilkan otot mulut lo bakalan ngilangin rasa kantuk yang lo rasain. Tapi untuk melakukan tips ini, sebelumnya lo harus cari tempat duduk yang jaraknya tidak terlalu dekat dengan dosen, radius kira-kira   5 meter. Usahakan jangan sampe lo ngeluarin suara, dan lo juga harus pastiin kalo dosen nggak ngeliat lo saat makan, karena dalam beberapa kasus, ada dosen yang minta makanan pada mahasiswanya. Hahahahhahahahaha,, gue boong.

  3. SMSan

    Smsan menjadi salah satu cara menghadapi rasa kantuk saat kuliah. Sebelumnya pastiin kalo lo punya pulsa, dan lo punya lawan main yang siap bales sms lo, sukur-sukur gebetan. Alternatif lain yaitu lo coba smsin semua kontak yang ada di hp lo, paling nggak pasti ada 1 atau 2 orang yang bales, kalo nggak ada lo jangan putus asa, coba lo sms operator, atau registrasi layanan-layanan premium yang mau bales sms lo tau setidaknya bisa bikin pulsa lo cepet habis, karena saat lo tau pulsa lo habis gue yakin ngantuk lo bakal ilang.

    Tempat duduk nggak terlalu berpengaruh dalam melakukan tips ini, semua bisa dipake kecuali untuk tempat duduk di baris paling depan. Dan usahakan dosen jangan sampe ngeliat tangan lo saat megang hp. Tinggal pinter-pinternya lo aja.

  4. Gambar / Corat-coret

    Lo pasti punya buku dan polpen kan, lo bisa bikin tulisan atau gambar apa aja dan dimana saja saat lo merasa ngantuk, termasuk di kursi atau jidat teman lo. Tips ini cukup populer, banyak mahasiswa yang dengan atau tanpa sadar melakukannya saat mereka merasa jenuh atau mengantuk, bahkan tak jarang  karya-karya hebat lahir dari sini. Pelaksanaannya pun cukup mudah, lo nggak perlu nyari tempat duduk khusus. Yang penting lo punya buku dan polpen. Siapin pensil, spidol, crayon, atau cat air kalo perlu, pilox juga boleh.

  5. Utak-Atik / Maenin HP

    Ini nggak cuma buat lo yang freak ngoprek hape, tapi buat siapapun juga bisa. Kalo lo salah satu yang freak ,mungkin lo bisa ngoprek-oprek smartphone lo saat ngantuk menyerang. Tapi kalo lo user yang biasa biasa aja, lo bisa tuh ngrapiin folder-folder atau bersihin memori hape lo dari file-file yang nggak berguna kayak gambar smash atau foto andika kangen band waktu di kamar mandi. Atau sekedar ngrapiin folder. Hampir sama dengan tips poin no 3, lo nggak perlu di tempat duduk khusus, cuma butuh sedikit persembunyian aja biar hape lo nggak keliatan. Karena dosen bakalan marah kalo tau dia diduain.

  6. Surat-Suratan
    Nah ini dari jaman gue SD dulu. Kalo lo ngantuk, lo ambil selembar kertas dari buku kemudian ajak temen lo yang ada di sebelah atau seberang tempat duduk lo buat bales-balesan surat pake selembar kertas tadi. Singkat singkat aja, semacam es em es tapi dengan media yang berebda dan tentunya lebih fun karena ada sensasi tersendiri. Yang penting tetap tenang dan dosen nggak bakalan curiga kalo lo lagi asik ngobrol.



  7. OnLine

    Tanpa gue kasih tau kayaknya udah banyak yang nerapin trik ini.  Di jaman yang serba jejaring sosial ini, gue yakin kalian pada punya paketan internet di hape kalian, atau seenggaknya pasti ada sedikit pulsa reguler yang kalian pake buat buka facebook/twitter. Termasuk juga chat dan BBMan. Atau….buat fesbuker yang kere banget sampe pulsa seratus perak pun nggak ada, lo masih bisa buka 0.facebook.com. lumayan buat sediikit ngilangin rasa ngantuk.


  8. Nge-Game
    Buat lo yang suka nge-game, mungkin ini cara pertama yang lo lakuin kalo lo ngantuk pada saat perkuliahan. Tapi buat lo yang nggak terlalu suka nge game, nggak ada salahnya lo maenin game-game yanga da di hape lo, lumayan buat ngilangin rasa bosan yang bikin lo ngantuk.


  9. Ngisengin Temen

    Ambil selembar kertas, robek beberapa bagian kecil dan jadiin bola-bola kecil seukuran upil, kemudian lemparin ke rambut temen lo yang kribo biar tuh kertas nyangkut. Nggak mesti gitu sih, lo bisa pake cara lain yang memanfaatkan temen lo buat jadi objek dari otak jail lo. Lo bisa nyari cara-cara iseng lain yang lebih kreatif mungkin. Untuk tips ini gue nggak terlalu nyaranin sih, tapi nggak ada salahnya juga lo coba. Hahahahahaha.

  10. Berkhayal / Bermajinasi
    Dosen lo kebetulan dosen killer? Item kumisan, dan botak? Atau dosen cewek yang cerewet dan bawelnya tingkat Kecamatan? Lo gunakan aja imajinasi lo, bayangin 2 buah tanduk keluar dari dosen botak tadi, atau bayangin tiba-tiba ada seekor cicak ngesot raksasa yang menelan si Ibu Dosen bawel. Bayangin temen-temen lo mendadak ngliatin lo, dan lo sadar kalo temen lo semua ternyata adalah zombie yang siap buat jadiin lo cemilan. Tiba-tiba ada yang mendobrak pintu kelas, dan dibalik pintu di bawah sorotan cahaya ada seorang cewek cantik berkuda poni yang memanggil nama lo dan mengajak lo buat nylametin diri. Atau buat lo yang otaknya ngeres bisa juga tuh ngebayangin maria ozawa yang tiba-tiba muncul dari bawah kursi lo, kemudian...ah, sudahlah.
    Ooooh… indahnya.

  11. Story-Story (Cerita-Cerita)
    Iye, maksud gue cerita-cerita alias ngobrol. Nggak usah protes bahasa inggris gue. Kalo lo ngantuk, coba lo ajak temen sebelah lo ngobrol, mulai dari hal-hal yang ringan sampe gosip perselingkuhan antara bambang dengan joko. Atau lo bisa juga ngomongin harga cabe di pasar, dan apa pengaruh payudara jupe bagi harga saham dunia. Obrolin aja semua yang asik menurut lo. Yang harus lo ingat, jangan sampe lo mengganggu konsentrasi temen lo, pastikan kalo temen ngobrol lo juga lagi bete atau ngantuk. Karena kalo lo ngajak ngobrol temen lo yang lagi serius merhatiin dosen, lo bakalan kecewa karena lo nggak ditanggepin. Dan itu nyesek men. Sikak sekali.

  12. Join Coversation
    Gue nggak tau arti sebenernya apa. Tapi maksud gue disini, lo ikut masuk dalam sistem, sistem adalah suatu kesatuan yang terdiri dari komponen atau elemen yang dihubungkan bersama untuk memudahkan aliran informasi materi atau energi. Maksudnya, lo ikutin permainan dosen yang lagi ngasihn materi #ModeSoktau. Lo sok-sok ngerti aja deh, sok merhatiin ato apalah. Terus lo tanya ke dosen sesuatu yang berhubungan dengan materi yang dibahas. Atau kalo misalnya dosennya agak humoris, coba lo nyletukin sesuatu yang bisa bikin seisi ruang kelas ketawa. Gue jamin lo bakalan melek. Nggak usah takut nggak lucu, justru kalo garing lo bakalan salting dan itu bisa bikin urat ngantuk lo putus saat itu juga. Ngahahahahaha.

  13. Shocking Therapy
    Untuk yang ini singkat aja, simpel. Minta temen sebelah lo buat ngagetin kalo sewaktu waktu lo ketiduran. Sensasi kagetnya bakalan bikin mata lo terang.
  14. Run & Wash
    Ini buat lo yang ngantuknya udah stadium 4 dengan kadar lem mencapai 80% ke atas. Pertama lo tarik nafas dalam-dalam, angkat sedikit dagu lo, berdiri dari tempat duduk dan minta ijinlah pada dosen untuk ke belakang. Setelah lo berada di luar, lo ambil posisi kemudian lari lah secepat mungkin ke kamar mandi. Dengan berlari maka jantung lo akan memompa darah lebih cepat, dan itu bisa ngilangin rasa kantuk yang lo rasain. Setelah itu lo basuh muka lo pake air, kalo perlu bawa sabun muka buat ngilangin minyak yang nempel. Balik ke kelas gue jamin lo bakalan segerrr….


  15. Sleeping Beauty Handsome
    Kalo semua cara di atas gagal, gue masih punya 1 cara ampuh buat ngilangin ngantuk yang lo rasain dan ini merupakan trik favorit gue :D . Pake cara ini kalo emang ngantuk lo udah mendekati 99% dan semua tips yang gue kasih udah nggak mempan. Yang perlu lo perhatiin adalah posisi tempat duduk dan kerapatan pagar betis yang ada di depan lo. Posisi terbaik untuk melakukan cara ini adalah di kursi bagian belakang pojok, dengan jarak antara elo dan dosen lebih dari 8 meter. Pertama-tama, posisikan tubuh lo senyaman mungkin dalam situasi seadanya. Tarik nafas dalam-dalam. Dan tidur.

Segitu aja tips dari gue. Pepatah bilang lebih baik mencegah daripada mengobati. Jadi daripada kuliah lo keganggu gara-gara ngantuk, alangkah lebih baiknya kalo lo mulai atur pola tidur lo. Istirahat yang cukup nggak Cuma bikin tubuh lo sehat, tapi juga otak lo bisa lebih cemerlang dan lebih nyaman dalam menerima materi. Dengan begitu lo bisa lebih baik dalam mengikuti perkuliahan, karena materi yang disampaikan nggak akan kelewat gitu aja.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...