English French German Japanese Korean Chinese Russian Spanish India Saudi Arabia Netherland Portugal Italian Philippines Ukraina Norwegia
Your Adsense Link 728 X 15

Tips Menjadi Juara

Posted by Unknown Selasa, 01 Mei 2012 0 komentar
1333762142636688366



Semua orang pasti ingin menjadi pemenang. Agar keinginannya tercapai, beragam cara dapat digunakan. Tentu itu dipengaruhi jenis kejuaraannya. Oleh karena itu, mereka harus belajar dan berlatih ekstra demi mendapatkan keinginannya. Sayangnya, jumlah juara sangatlah terbatas. Mungkin juara hanya memiliki tiga jenis, yakni juara 1, 2, dan 3. Jika toh disediakan juara harapan, menurutku, itu bukanlah juara. Maka, marilah kita berlomba-lomba agar menjadi sang juara.
Berkenaan dengan predikat juara, saya memiliki beragam pengalaman. Kebetulan saya pernah mengikuti beragam kejuaraan, baik tingkat kampung, kecamatan, kabupaten, provinsi, hingga nasional. Dari beberapa kejuaraan yang pernah saya ikuti tersebut, saya pernah menjadi juara. Namun, banyak kejuaraan pula tak menghasilkan apa-apa kecuali rasa kecewa. Tak apalah, yang penting saya sudah berusaha maksimal meskipun saya tidak mendapatkan hasil maksimal.

Karena sering mengikuti kejuaraan sejak SD hingga sekarang itulah, saya akan berbagi tips agar juara dapat diraih. Ada lima tips yang dapat digunakan agar juara dapat diperoleh. Kelima tips itu adalah:
Pertama, konsisten terhadap jenis lomba. Sebaiknya kita mengikuti satu atau terbatas jenis lombanya. Hendaknya kita tidak kemaruk alias berburu kejuaraan dengan mengikuti beragam jenis lomba. Jika gemar menekuni bidang seni, cobalah bidang seni digeluti secara sungguh-sungguh. Jika gemar menulis, cobalah kita menjaga konsistensi terhadap jenis lomba menulis atau mengarang.
Kedua, menganalisis kelemahan atau kekurangan diri. Tentunya setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan. Tak ada seorang pun memiliki kesempurnaan. Oleh karena itu, kita perlu menyadari kondisi tersebut. Berkenaan dengan aktivitas kejuaraan, tentunya kita akan bersedih jika gagal alias tidak menjadi juara. Langkah paling bijak adalah menganalisis kekurangan atau kelemahan. Cobalah kita berusaha mencari titik lemah kegagalan tersebut sehingga kita dapat menjadikan kegagalan itu sebagai pelajaran berharga. Tak usah menyalahkan dewan juri atau wasit lomba karena itu adalah sikap tidak sportif.
Ketiga, mencari informasi kepada peraih juara. Tentunya kita perlu mencari informasi agar juara dapat diraih. Orang yang paling mengetahui teknik meraih juara adalah peraih juara. Oleh karena itu, tentu kita perlu belajar kepada orang yang pernah menjadi juara. Kita minta nasihat dan tips-tips untuk menjadi juara. Dengan memelajari kiat yang pernah digunakan peraih juara, tentu kita pun dapat meniru keberhasilannya.
Keempat, gemar membaca buku tentang tips juara. Banyak buku yang berisi tentang tips juara dijual bebas. Buku itu jelas ditulis oleh orang yang pernah menjadi juara. Oleh karena itu, hendaknya kita gemar membaca buku tersebut. Kita perlu memelajari kiat atau tips-nya sehingga menjadi juara. Dengan membaca buku itu, kita pun menjadi mengenal lebih dekat dengan penulis dan strateginya. Terlebih, buku berbentuk dokumentasi tertulis yang awet untuk dibaca selama beberapa waktu.
Kelima, berusaha menggali potensi diri. Kadang kita gagal meraih juara karena gagal pula mengidentifikasi potensi diri. Sebenarnya setiap manusia sudah dibekali dengan talenta atau bakat untuk menjadi juara. Cara paling mudah untuk mengetahui talenta itu adalah kekaguman orang lain kepada kita. Jika seseorang dikagumkan dengan penampilan kita, di sanalah potensi itu berada. Jadi, cukuplah kita mengoptimalkan potensi itu seraya terus mengasah talenta itu sehingga nantinya menghasilkan juara.

Sumber : http://lifestyle.kompasiana.com/catatan/2012/04/07/tips-menjadi-juara/

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...